Kamis, 05 Februari 2015

5 Universitar Terbaik di Bandung

Bagi teman-teman yang sedang mencari kampus atau perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Kota Bandung, Jawa Barat, ada universitas (perguruan tinggi) terbaik yang saya rekomendasikan untuk dipilih, rekomendasi ini bersifat subjektif dan tentu anda bisa menilai dan mengecek sendiri, dan yang pasti sesuai dengan jurusan atau program studi yang anda pilih. Kenapa Bandung? Karena walaupun orang Karawang, selama 8 tahun saya pernah hidup dan kuliah di Bandung dan tahu kehidupan disana, termasuk iklim dan dunia kampus disana.

Seperti sebagimana faktanya, kampus atau univesitas terbaik di Jawa Barat adalah kebanyakan berada di Bandung, hanya Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berada diluar Bandung yang bisa masuk dalam daftar kampus terbaik di Jawa Barat, 5 kampus negeri di Bandung ini menjadi yang teratas di Jawa Barat. Selengkapnya, inilah kampus atau universitas negeri / perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Bandung!

 
5 Universitas Negeri / Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terbaik di Bandung
  1. Institut Teknologi Bandung (ITB) -> http://www.itb.ac.id/
  2. Universitas Padjajaran (Unpad) -> http://www.unpad.ac.id/
  3. UIN Sunan Gunung Djati Bandung -> http://www.uinsgd.ac.id/
  4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) -> http://www.upi.edu/
  5. Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung -> http://www.stsi-bdg.ac.id/
5 Universitas Swasta / Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik di Bandung
  1. Universitas Islam Bandung (Unisba) -> http://www.unisba.ac.id/
  2. Universitas Kristen Maranatha -> http://www.maranatha.edu/
  3. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) -> http://www.unpar.ac.id/
  4. Universitas Pasundan (Unpas) -> http://www.unpas.ac.id/
  5. Universitas Komputer Indonesia (Unikom) -> http://www.unikom.ac.id/
Silahkan teman-teman cek di website/situsnya masing-masing, untuk melihat fasilitas, jadwal pendaftaran dan ketersediaan program studi atau jurusan, sesuai minat tema-teman. Masing-masing kampus diatas memiliki wilayah atau kekhususan masing-masing. Jika anda calon guru, maka UPI adalah kampus negeri yang bisa anda pilih. Jika anda cenderung minat dibidang seni, maka STSI adalah pilihannya. Jika anda ingin memilih Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), maka Unisba pilihannya, karena Fikom Unisba telah mendapatkan pernghargaan tahun lalu sebagai Sekolah Komunikasi Terbaik. Dan sebagainya, sesuai minat anda.
Untuk PTN, anda bisa masuk ke PTN di Bandung ini melalui jalur SNMPTN, jalur khusus maupun jalur beasiswa seperti Bidik Misi dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar